BLANTERVIO103

Pengertian Papercarft

Pengertian Papercarft
3/05/2019

Rusdyana (2015) menyatakan papercraft adalah “salah satu jenis karya kerajinan yang terbuat dari bahan dasar kertas yang diolah menjadi bentuk tiga dimensi sesuai bentuk dan karakter”. Tiga dimensi disini berarti menyerupai origami, namun pada papercraft bentuk benda yang dihasilkan lebih nyata dan terdapat tambahan kegiatan seperti memotong dan mengelem kertas. Selaras dengan Rusdyana, Rantikasari (2015) mengemukakan bahwa pembuatan papercraft memerlukan kegiatan memotong, melipat dan mengelem kertas. Dengan demikian papercraft adalah boneka tiga dimensi yang terbuat dari kertas dengan kegiatan melipat, menggunting, dan mengelem kertas sehingga menjadi media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.

Terdapat tiga jenis dari papercraft menurut Rusdyana (2015), yakni papercraft avatar, papertoys dan papercraft replika. Papercraft avatar yakni papercraft yang bentuk wajahnya dirubah dengan wajah seseorang dan bentuk badannya bisa menggunakan bentuk badan biasa atau lainnya, seperti superhero. Sedangkan papertoys adalah bentuk model sederhana yang lebih menonjolkan wajah karakter lucu dari karakter yang tubuhnya sudah dimodifikasi menyerupai kubus dan balok. Dan yang terakhir adalah papercraft replika, dimana model papercraft ini mengambil bentuk asli objek namun dengan skala yang diperkecil, seperti bentuk hewan, tumbuhan, kendaraan dan lain-lain.

Papercraft avatar pada umumnya dibuat dengan menggunakan wajah asli seseorang sebagai wajahnya, lalu bagian tubuh dibuat seperti tubuh manusia pada umumnya. Kelebihan dari papercraft ini adalah dapat memvisualkan gambaran seseorang dalam bentuk miniatur. Papercraft yang kedua adalah papertoys, papertoys lebih mengarah pada bentuk yang simpel dan mudah untuk dibuat seperti bentuk dasar kubus dan balok. Kelebihan dari papertoys terdapat pada kemudahan dalam membuatnya, seperti membuat bangun ruang balok dan kubus, namun bentuknya menyerupai objek yang diingikan. Papercraft yang terakhir adalah papercraft replika, dimana papercraft ini mengambil bentuk asli dari suatu objek namun dengan ukuran yang diperkecil. Kelebihannya terdapat pada bentuk asli yang dihasilkan, terlihat lebih nyata dan hidup.

Kelebihan papercraft tidak hanya yang telah disebutkan diatas, kelebihan yang lain terdapat pada segi bahan, papercraft lebih ekonomis dari alat peraga lain seperti plastik, kayu, maupun besi (Rusdyana, 2015: 35). Walaupun hanya terbuat dari kertas, papercraft dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk seperti manusia, hewan, tumbuhan, kendaraan, bangunan dan sebagainya. Faktor yang lain adalah dari segi keamanan, papercraft aman digunakan peserta didik karena bahan dasar yang digunakan tidak berasal dari bahan kimia yang berbahaya. Sedangkan kekurangan dari papercraft menurut Rusdyana (2015: 35) adalah mudah rusak, tidak tahan dengan air dan api karena sifat dasar kertas yang mudah meresap. Selain itu jika papercraft disimpan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan pudarnya warna dan kusam.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 komentar:

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun

Emoticon

2882994598725087150