Friday, February 1, 2019

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Puisi merupakan sebuah karya sastra yang mengekspresian perasaan seseorang yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama dan penuh makna.



Berikut ini pengertian puisi menurut para ahli:

Pradopo (2002: 7) menjelaskan bahwa puisi merupakan sebuah pengekspresian pemikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama.

Prihantini (2015: 202) menyatakan bahwa puisi merupakan suatu jenis karya sastra yang memiliki unsur sajak, bait, baris, dan tipografi. Puisi juga diartikan sebagai ragam sastra yang meluapkan perasaan seseorang yang berbalut pemikiran, wawasan, dan sentuhan hati.

Hudson (dalam Aminuddin, 2013: 134) mengungkapkan bahwa puisi yakni salah satu cabang sastra yang mengungkapkan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi, seperti halnya lukisan yang menggunakan garis dan warna dalam menggambarkan gagasan pelukisnya.

Kosasih (2012: 97) menyatakan bahwa puisi yakni bentuk karya sastra yang menggunakan kata-kata indah dan kaya akan makna. Keindahan sebuah puisi disebabkan oleh diksi, majas, rima dan irama yang terkandung dalam karya sastra itu.

Slamet (2014: 124) menyatakan bahwa puisi merupakan karya sastra yang berbentuk untaian bait demi bait yang relatif memperhatikan irama dan rima sehingga indah dan efektif didendangkan dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan bentuk karya sastra lainnya.

Hanya Seorang Pecinta Anime

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun
EmoticonEmoticon