BLANTERVIO103

Tahap-tahap Proses Menulis

Tahap-tahap Proses Menulis
1/15/2019

Menurut Tompkins (dalam Susanto, 2016: 256) menguraikan bahwa, proses menulis terbagi menjadi lima tahap, sebagai berikut.

a. Tahap pra-menulis (prewriting)
Tahap ini merupakan tahap siap menulis, atau disebut juga dengan tahap penemuan menulis. Aktivitas dalam tahap ini meliputi: 1) memilih topik; 2) memikirkan tujuan, bentuk dan audiensi; 3) memanfaatkan dan mengorganisasi gagasan-gagasan. Pada tahap pra-menulis siswa berusaha mengemukakan apa yang akan mereka tulis.

b. Tahap penyusunan draf tulisan (drafting)
Dalam proses menulis, siswa menyaring tulisan dengan melalui sejumlah konsep. Selama tahap penyusunan konsep, siswa terfokus dalam pengumpulan gagasan. Perlu disampaikan kepada siswa bahwa pada tahap ini tidak perlu merasa takut dalam melakukan kesalahan. Kesempatan dalam menuangkan ide-ide/gagasan dilakukan dengan sedikit memerhatikan ejaan, tanda baca, dan kesalahan mekanikal yang lain. Aktivitas dalam tahap ini meliputi: 1) menulis draf kasar; 2) menulis konsep utama; dan 3) menekankan pada pengembangan isi.

c. Tahap perbaikan (revisi)
Dalam tahap perbaikan, penulis menyaring ide-ide dalam tulisan mereka. Siswa biasanya mengakhiri proses menulis setelah mereka melengkapi draf kasar dan percaya bahwa tulisan mereka telah lengkap. Revisi bukanlah penyempurnaan tulisan, akan tetapi revisi yakni mempertemukan kebutuhan pembaca dengan menambah, mengganti, menghilangkan, dan menyusun kembali bahasa tulisan. Aktivitas ini meliputi: 1) membaca ulang draf kasar; 2) menyempurnakan draf kasar dalam proses menulis; dan 3) memerhatikan bagian yang mendapat balikan kelompok menulis.

d. Tahap penyuntingan (editing)
Pada tahap penyuntingan, siswa menyempurnakan tulisan mereka dengan mengoreksi ejaan dan kesalahan mekanikal yang lain. Tujuannya agar membuat tulisan menjadi siap baca secara optimal. Aktivitas dalam tahap ini meliputi 1) mengambil jarak dari tulisan; 2) mengoreksi awal dengan menandai kesalahan; dan 3) mengoreksi kesalahan.

e. Tahap pemublikasian (publishing)
Pada tahap akhir ini, siswa sudah siap memublikasikan tulisan yang telah mereka buat dan menyempurnakannya dengan membaca pendapat dan komentar yang diberikan teman atau siswa lain, orang tua, dan komunitas mereka sebagai penulis. Hasil penulisannya dilakukan dengan cara melalui kegiatan penugasan siswa untuk membaca hasil karangan di depan kelas.
Share This Article :
M Khoirul Anam

CEO and Founder of EduPedia

TAMBAHKAN KOMENTAR

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun

Emoticon
2882994598725087150