Monday, January 7, 2019

Pengertian Menulis Menurut Para Ahli


Menulis merupakan suatu cara dalam mengekspresikan ide-ide atau gagasan serta pikiran atau perasaan ke dalam bentuk tulisan. Sedangkan keterampilan menulis merupakan kemampuan seseorang untuk menuangkan ide-ide atau gagasan-gagasan dengan menggunakan rangkaian bahasa tulis yang baik dan benar.

Berikut ini pengertian menulis menurut beberapa ahli:

Dalman (2015: 3) menyatakan bahwa menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis dalam tujuan, misalnya memberitahu, meyakinkan, atau menghibur. Hasil dari proses kreatif ini biasa disebut dengan istilah karangan atau tulisan.

Suriamiharja (dalam Resmini, 2007: 116) menjelaskan bahwa menulis yakni kegiatan yang melahirkan pikiran dan perasaan dengan tulisan atau dapat juga diartikan sebagai komunikasi mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kehendak kepada orang lain secara tertulis.

Suparno dan Yunus (dalam Dalman, 2015: 4) menyatakan bahwa menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya.

Susanto (2016: 249) mengemukakan bahwa menulis merupakan kegiatan seseorang menemukan sesuatu pada sebuah dimensi ruang yang masih kosong, setelah itu hasilnya yang berbentuk tulisan dapat dibaca dan dipahami oleh para pembaca.

Marwoto (dalam Dalman, 2015: 4) menjelaskan bahwa menulis merupakan mengungkapkan ide atau gagasannya dalam bentuk karangan secara leluasa. Dalam hal ini, menulis itu membutuhkan skemata yang luas sehingga si penulis mampu menuangkan ide, gagasan, pendapatnya dengan mudah dan lancar. Skemata itu sendiri yakni pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Jadi, semakin luas skemata seseorang, semakin mudahlah ia menulis.

Hanya Seorang Pecinta Anime

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun
EmoticonEmoticon