BLANTERVIO103

Manfaat Menulis

Manfaat Menulis
1/11/2019

Menulis merupakan suatu cara dalam mengekspresikan ide-ide atau gagasan yang ada di pikiran kita dengan melalui bahasa tulisan sehingga dapat dibaca dan dipahami orang lain. Menulis sebagai suatu alat dalam belajar memiliki peranan atau manfaat yang sangat penting bagi orang lain.

Menurut Dalman (2015: 6) menulis memiliki banyak manfaat yang dapat dipetik dalam kehidupan ini sebagai berikut.

1. Peningkatan kecerdasan
2. Pengembangan daya inisiatif dan kreativitas
3. Penumbuhan keberanian
4. Pendorongan kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.

Susanto (2016: 254) dilihat dari sudut pandang ini, kegunaan menulis dapat dibedakan sebagai berikut.

1. Menulis dapat membantu kita dalam menemukan kembali apa yang pernah kita ketahui. Menulis mengenai suatu topik dapat merangsang pemikiran kita dalam membantu membangkitkan pengetahuan dari pengalaman masa lalu.

2. Menulis dapat menghasilkan ide-ide baru. Tindakan menulis merangsang pikiran kita untuk mengadakan hubungan, mencapai pertalian dan menarik persamaan antara ide-ide yang tidak pernah akan terjadi, seandainya kita tidak menulis.

3. Menulis dapat membantu kita mengorganisasikan pikiran dan menempatkannya dalam suatu wacana yang berdiri sendiri.

4. Menulis dapat membuat pikiran seseorang siap untuk dibaca dan dievaluasi. Kita dapat membuat jarak dengan ide kita sendiri dan melihatnya lebih objektif pada waktu kita siap menuliskannya.

5. Menulis dapat membantu kita menyerap dan menguasasi informasi baru. Kita akan dapat menyimpannya lebih lama, jika kita menuangkannya dalam bentuk tulisan.

6. Menulis dapat membantu kita memecahkan masalah dengan jalan memperjelas unsur-unsurnya dan menempatkannya dalam suatu konteks visual, sehingga dapat diuji.
Share This Article :
M Khoirul Anam

CEO and Founder of EduPedia

TAMBAHKAN KOMENTAR

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun

Emoticon
2882994598725087150