BLANTERVIO103

Materi dan Soal CPNS beserta Pembahasannya (Lengkap)

Materi dan Soal CPNS beserta Pembahasannya (Lengkap)
10/22/2018
Materi Soal CAT CPNS disusun berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Berdasarkan peraturan ini, maka Soal CAT CPNS terdiri atas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sebelum membagikan contoh soal, saya ingin menjelaskan mengenai passing grade atau nilai ambang batas bagi peserta SKD. Peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 harus memiliki nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) melewati nilai ambang batas (passing grade) yang telah ditentukan. Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca disini.


(Foto: Twitter BKNgoid)


Baiklah mengenai passing grade soal tes CPNS rasanya tak perlu diperpanjang lagi selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah komponen soal tes ujian CPNS karena banyak anggapan yang kurang tepat mengenai soal tes dapat menyebabkan peserta gagal lulus sebenarnya ini ada kaitannya dengan passing grade yang telah dibahas sebelumnya.

Dalam seleksi CPNS 2018, nilai SKD memiliki bobot 40 persen, sementara Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bobotnya 60 persen.

Setiap peserta SKD harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) adalah alat ukur untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Ini juga mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Sedangkan TIU (Tes Intelegensia Umum) untuk menilai intelegensia peserta seleksi dalam kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka. Kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal TWK dan TIU akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0). Sedangkan nilai untuk kelompok soal TKP terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal pada TKP.

Berikut ini saya saya ingin membagikan Materi dan contoh soal (lengkap) sebagai referensi dan bahan latihan untuk mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS 2018. Silahkan unduh dibawah ini. Semoga dapat bermanfaat.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 komentar:

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun

Emoticon

2882994598725087150