Saturday, September 15, 2018

Tips Sukses CPNS

Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebentar lagi akan dibuka. Minat yang besar bagi para pencari kerja untuk bisa menjadi seorang PNS tentu membuat seleksi penerimaan ini bukan hal yang mudah untuk dilewati. Tapi Anda tidak perlu khawatir, dengan berbagai persiapan yang tepat keinginan Anda untuk bisa lolos tes CPNS pun bisa terwujud. Berikut ini tips agar lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 


1. Lengkapi Berkas Persyaratan 
Tahapan pertama dalam tes CPNS adalah seleksi administrasi. Agar keinginan Anda untuk menjadi PNS bisa terwujud, maka persiapan yang matang perlu diperlukan. Jangan sampai ada berkas yang kelewatan. Tidak hanya mempersiapkan kemampuan diri untuk mengikuti tes, persyaratan dan berkas administrasi juga mutlak harus diperhatikan dengan teliti, supaya lolos seleksi administrasi. 

2. Pelajari Materi Ujian CPNS 
Sebelum seleksi dimulai, pihak kementerian biasanya memberikan kisi-kisi mengenai seleksi serta materi apa saja yang akan diujikan saat tes berlangsung. Pastikan Anda membaca kisi-kisi tersebut dengan baik. 

3. Latihan Rutin 
Latihan soal sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum ujian dimulai. Anda bisa mempersiapkannya dengan membeli buku kumpulan soal-soal tes CPNS. Selain itu, Anda juga bisa melakukan latihan contoh soal yang terdapat di situs BKN. 

4. Persiapkan Tubuh dan Mental Anda 
Sebelum hari pelaksanaan ujian dimulai, usahakan istirahat yang cukup. Biasanya sebelum menghadapi tes, yang kerap dialami bagi sebagian orang yakni jantung terasa berdebar, pikiran yang tidak tenang, sikap khawatir dan lain-lain. Meski merupakan hal yang lumrah, hal ini bisa saja mengganggu konsentrasi Anda untuk mengisi tes dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan tubuh dan mental Anda benar-benar siap sebelum mengikuti tes. Olahraga dan tidur yang cukup bisa membuat Anda makin siap dalam menghadapi tes ini. 

5. Percaya Diri 
Percaya diri merupakan hal yang sangat penting untuk memulai suatu pekerjaan agar dapat diselesaikan dengan baik. Percaya diri bukan berarti sombong atau menganggap remeh soal, tetapi hal itu menyangkut dengan keyakinan pada kemampuan diri Anda sendiri. Jangan biarkan pikiran Anda kluyuran saat mengerjakan soal tes, tetap berkonsentrasi ketika menjawab suatu pertanyaan. Tidak usah tegang dalam mengerjakan tes, usahakan diri Anda tenang, agar Anda lebih mudah dalam berkonsentrasi. Hindari juga niat untuk mengisi dengan jawaban yang mengada-ada hanya agar Anda bisa diterima. Tetap yakinlah pada jawaban yang Anda pilih. 

6. Perbanyak Berdoa 
Berdoalah kepada Allah agar nantinya diberikan hasil yang terbaik pada ujian CPNS. Semua keringat dan kerja keras kita tak akan berarti tanpa berdoa. Maka perbanyaklah berdoa dan mintalah pertolongan kepada-Nya agar bisa menghadapi ujian dengan lancar tanpa kendala apapun. 

Nah itulah beberapa tips agar lolos ujian CPNS. Semoga dengan artikel tersebut, kita semua bisa mempraktekkannya dalam menghadapi ujian, dan diberikan hasil yang terbaik. Aamiin.

Seorang pecinta anime.

1 komentar

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun
EmoticonEmoticon