Kisi-Kisi CPNS - EduPedia

Kisi-Kisi CPNS

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 sebentar lagi akan segera dibuka. Dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2018 ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ada beberapa tes yang akan diujikan. Tes tersebut antara lain Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Selain SKD ada juga tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 


Hal yang paling mendasar adalah pelamar harus memerhatikan sebaik-baiknya persyaratan, terutama persyaratan administratif. Untuk persyaratannya bisa dirujuk dari tahun sebelumnya. Tapi intinya akan diumumkan secara lebih detail lagi oleh BKN (Badan Kepegawaian Negeri). Peserta CPNS bisa saja gagal karena masalah kelengkapan persyaratan administrasi. Maka harus dicek secara teliti persyaratannya sebelum melamar. 

Selain kelengkapan administrasi, kesiapan peserta dalam mengikuti tes juga perlu diperhatikan. Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan pada rekrutmen CPNS Tahun 2018, peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) yang telah ditetapkan dengan Peraturan Menteri PANRB. 

Berikut ini Kisi-kisi CPNS untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang telah diatur dalam peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 
Dalam kelompok soal ini, alat ukur yang dinilai yakni dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasi nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia yang meliputi: 
  • Pancasila 
  • UUD 1945 
  • Bhinneka Tunggal Ika 
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar). 
2. Tes Intelegensia Umum (TIU
TIU untuk menilai intelegensia peserta seleksi dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan figural, serta kemampuan berpikir analisis/logis. 
  • Kemampuan Verbal, yakni kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan 
  • Kemampuan Numerik, yakni kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka 
  • Kemampuan Figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram 
  • Kemampuan berpikir logis atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi. kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerja sama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinasi orang lain. 

Itulah garis besar soal yang akan diujikan dalam seleksi CPNS yang dapat Anda pelajari. Anda dapat mempersiapkan diri dengan membeli buku-buku soal CPNS dan bisa melakukan simulasi CAT di website BKN. Jangan lupa belajar dan terus berdoa sampai impian kita terwujud. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Kisi-Kisi CPNS"

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel