BLANTERVIO103

Kitalah Makhluk Sempurna

Kitalah Makhluk Sempurna
8/14/2018
Orang yang bersyukur adalah orang yang menggunakan setiap pemberian Allah sesuai dengan keinginan pemberinya. Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas nikmat potensi adalah dengan mengetahui potensi yang dimiliki dan memanfaatkan potensi tersebut sesuai dengan kehendak Sang Maha Pemberi. Sebaliknya ketika kita tidak mampu mengoptimalkannya, bisa jadi kita termasuk golongan kelompok orang yang tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah.

(Foto: Wonderful Life, Trilogi Manusia)

Manusia terdiri dari tiga unsur pembentuk yaitu unsur hati sebagai sumber perasaan kita, otak sebagai sumber segala pikiran kita dan tubuh sebagai sumber tindakan kita. Ketiganya memiliki hubungan yang sempurna yang menjadikan diri kita disebut sebagai manusia.

Otak berfungsi sebagai pengelola dari segala informasi yang diterima oleh panca indra manusia, dari apa yang dilihat, didengar, diraba, dicium, atau dikecap, mengolahnya sehingga menjadi proses pembelajaran dan pengetahuan baru bagi diri kita. Otak juga dengan sendirinya mampu mengimajinasikan sebuah informasi sehingga menjadi bahan pikiran kita.

Sementara hati atau kalbu dialah yang menyimpan berbagai macam perasaan yang kita miliki seperti cinta, bahagia, marah, cemas, sukses dan berbagai perasaan lainnya semuanya sudah tersimpan dan sempurna sejak manusia dilahirkan. Bahkan sebelum roh ditiupkan ke dalam kalbu kita.

Melalui panca indra, kita dapat menyerap segala hal tentang pelajaran-pelajaran hidup yang dimulai dari orang-orang terdekat seperti keluarga, masyarakat, sekolah, teman, termasuk diri sendiri. Melalui panca indra, pengalaman itu dilanjutkan untuk diproses didalam otak.

Yang menariknya disini adalah bahwa ternyata setiap bagian dari tubuh manusia memiliki hubungan yang saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bisa jadi hati dipengaruhi oleh aktivitas tubuh kita atau otak kita, kadang kala kondisi tubuh kita dipengaruhi oleh hati dan otak kita, atau otak kita juga dipengaruhi oleh aktivitas hati dan tubuh kita.

Dengan mengetahui karakter masing-masing dan mengetahui hubungan timbal balik antara ketiganya, maka bisa dipastikan bahwa kita akan semakin mengenal diri kita. Dengan mengenal diri kita maka akan mudah untuk mengontrol diri kita, dan ketika kita benar-benar mengontrolnya maka kita akan mampu mengoptimalkan potensi kita sehingga dengan potensi optimal yang dimiliki, kita bisa meraih apapun yang kita inginkan baik di dunia maupun diakhirat kelak.

Semua tulisan diatas dikutip dari Buku yang berjudul Wonderful Life karya Ryan Martian, Halaman: 45-47.
“Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak Adam, kami angkut mereka di daratan dan di lautan, kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah kami ciptakan.” (QS. Al Isra’ ayat 70)
Share This Article :
M. Khoirul Anam

Hanya seorang gelandangan yang sedang mencari tujuan hidup

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 5 komentar:

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun

Emoticon

  1. Tepat seperti yang saya pikirkan.. Mantab kawan

    BalasHapus
  2. Mantab jiwa mas, inilah kita yang sesungguhnya

    BalasHapus
  3. Nice artikel, lanjutkan gan.

    BalasHapus
  4. Gan, ada yang bilang kita tidak maklum yang tidak ada yang sempurna. Ada yang bilang sempurna juga, jadi bingung saya serius

    BalasHapus
  5. Lanjutkan juragab👍🤔😁

    BalasHapus
2882994598725087150