BLANTERVIO103

Kita pun Bisa, Tentukan Takdir Kita Sekarang Juga!

Kita pun Bisa, Tentukan Takdir Kita Sekarang Juga!
8/09/2018
Sebuah kabar baik bagi kita semua, bahwa jika mereka bisa melakukannya, kita pun juga bisa. Kita memiliki potensi yang sama seperti yang telah dianugrahkan Allah kepada mereka. Ingatkah kita dengan kejadian-kejadian 20 tahun yang lalu? Ketika krisis ekonomi menyeret Indonesia ke dalam kondisi krisis yang sangat menakutkan, ketika ratusan ribu mahasiswa tumpah ruah ke jalanan menyerukan turunnya Soeharto dari tampuk kekuasaan? 


Apakah kita mengingat lagu-lagu era 90an? Ingatkah diri kita ketika Irak yang dipimpin Saddam Hussein menyerang Kuwait dan terjadi perang teluk yang ke 2? Dimanakah kita saat itu? Seperti apakah diri kita saat itu? Apakah harapan-harapan 20 tahun yang akan datang pada saat itu? Apa yang kita impikan? Apakah saat ini kita berada disuatu kondisi yang kita inginkan pada waktu itu? Bukankah kejadian itu berlalu dengan cepat tanpa kita sadari seolah-olah peristiwa itu baru terjadi beberapa tahun yang lalu?

Pertanyaan yang paling penting yang harus kita tanyakan kepada diri kita sendiri adalah “bagaimana aku akan menjalani kehidupanku 10 tahun mendatang? Apa yang akan saya lakukan saat ini untuk menciptakan masa depan saya? Apakah komitmen-komitmen saya? Apa yang akan saya lakukan sekarang?”

Perlu kita sadari sepenuhnya bahwa 10 hingga 15 tahun mendatang akan terjadi sangat cepat bahkan lebih cepat dari apa yang sudah kita lewati 10 tahun yang lalu. Ya, kondisi itu akan segera kita hadapi. Kehidupan seperti apakah yang kita inginkan? Apakah kontribusi kita terhadap masyarakat?

Mulai sekarang, putuskanlah takdir seperti apa yang kita inginkan? Karena Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum hingga dia sendirilah yang merubahnya. Maka, percayalah bahwa keputusan kita saat ini, untuk kehidupan kita di masa yang akan datang akan membentuk takdir kita di masa depan. Keputusan tersebut akan menjadikan apa yang kita rasakan saat ini dan akan menjadi siapa diri kita nantinya.

Semua tulisan diatas dikutip dari Buku yang berjudul Wonderful Life karya Ryan Martian, Halaman: 40-41.
Sesungguhnya Allah tidak merubah nasib suatu kaum kecuali mereka merubah nasib yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’ad ayat 11)
Share This Article :
M. Khoirul Anam

Hanya seorang gelandangan yang sedang mencari tujuan hidup

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 7 komentar:

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun

Emoticon

  1. Benar mas, hari berganti, bulan berlalu, tahun ke tahun begitu cepat, tak terasa sudah kita dapati usai kita yang bertambah. Tapi apakah bertambah baik pula diri kita? semoga menjadi renungan dalam diri..

    BalasHapus
  2. Mantap, artikel nya sangat memotivasi min. .

    BalasHapus
  3. Min, kenapa gambar gif kalo diprint gak bisa gerak? :(

    BalasHapus
  4. Tolong mas, Pesanan saya segera diantar. Saya sudah lapar. Lapar akan ilmu yang sanyat bermanfaat sekali bagi kehidupan bangsa. Sang selalu uptudet dari blog dunia pendidikan..... UlulululululululšŸ‘

    BalasHapus
  5. Takdir sebenernya sih Sudah di atur di lauhul mahfuz. hanya saja kita masih bisa memperbaikiny.

    BalasHapus
2882994598725087150