BLANTERVIO103

Kata-kata Mutiara Guru

Kata-kata Mutiara Guru
8/24/2018
Guru memang menempati kedudukan yang terhormat di masyarakat. Guru dapat dihormati oleh masyarakat karena kewibawaannya, sehingga masyarakat tidak pelru meragukan figur dari seorang guru. Masyarakat percaya bahwa dengan adanya guru, maka dapat mendidik dan membentuk kepribadian anak didik mereka dengan baik agar mempunyai intelektualitas yang tinggi serta jiwa kepemimpinan yang bertanggungjawab. Jadi dalam pengertian yang sederhana, guru dapat diartikan sebagai orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Sedangkan guru dalam pandangan masyarakat itu sendiri adalah orang yang melaksanakan pendidikan ditempat-tempat tertentu, tidak mesti di lembaga pendidikan yang formal saja tetapi juga dapat dilaksanakan dilembaga pendidikan non-formal seperti di masjid, di mushola, di rumah dan sebagainya.

(Foto: Melody Nurramdhani Laksani) 

Berikut ini, saya akan membagikan kata-kata mutiara guru yang saya kutip dari berbagai tokoh terkenal di Indonesia.

“Guru adalah agen perubahan karakter bangsa. Bangsa ini harus menjadi bangsa pemenang, tetapi tetap memiliki keluhuran budi pekerti yang tinggi.” (Presiden Joko Widodo) 

“Karena menjadi guru merupakan panggilan jiwa, maka selayaknya guru memberikan kata-kata inspiratif yang menyentuh kepada anak didiknya meskipun dengan keterbatasan yang ada.” (Andy F. Noya)

“Guru berhasil adalah guru yang mampu mengantarkan muridnya lebih berhasil darinya.” (Habiburrahman El Shirazy) 

“Guru biasa, berbicara. Guru bagus, menerangkan. Guru hebat, mendemonstrasikan. Guru agung, memberi inspirasi.” (Merry Riana) 

“Tugas guru bukan menjejalkan pelajaran, guru harus menghidupkan pengetahuan.” (Najwa Shihab) 

“Orang yang paling saya hormati setelah Ibu dan Ayah adalah Guru. Karena guru, maka saya menjadi orang yang berguna bagi masyarakat dan orang lain.” (Yahya A. Muhaimin)

“Guru adalah salah satu pekerjaan termulia. Ia mungkin bukan Sang Sumber Cahaya, tapi cahaya dapat tersebar melaluinya, dan kualitas kehidupan dapat menyala karenanya.” (Dewi Lestari) 

“Tuhan bersama mereka yang gigih, tekun, dan setia dalam sunyi profesinya. Tak mengharap apapun selain murid yang mulia.” (Wisnu Nugroho)

“Kita menjadi cerdas karena guru. Kita bisa dewasa karena guru. Kita punya peradaban juga karena guru berkontribusi. Hormati guru sebgaimana kita menghormati orang tua kita.” (Suyanto) 

“Generasi yang unggul adalah generasi yang mau menghormati guru.” (Furqon) 

“Jasa guru tidak ternilai harganya, terima kasih guru karena telah mendidik kami dengan sabar. Tidak ada seorangpun yang bisa sukses tanpa bantuan seorang guru.” (Reza Rahadian)

“Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.” (Ki Hadjar Dewantara)

“Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan. Di tengah, guru harus menciptakan prakarsa dan ide. Dari belakang, seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan.” (Ki Hadjar Dewantara) 

“Kata-katamu adalah masa depan tempat anak bangsa merayakan keberagaman, merayakan kebersamaan, merayakan kedamaian.” (M. Hanif Dhakiri)

“Wajah masa depan kita tergambar jelas pada setiap jejak pengabdian para guru yang mendidik dan mengajar anak-anak bangsa diseluruh penjuru negeri.” (Imam Nahrawi)

“Sungguh, profesi guru adalah mulia dan terhormat. Menjadi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan dengan panggilan jiwa, panggilan hidup, untuk mengabdi secara tulus demi kemajuan anak bangsa.” (Muhadjir Effendy) 

“Tanpa guru kita bukan siapa-siapa, kita bisa karena ada peran guru yang mendidik kita.” (Melody eks JKT48) 

“Tidak ada satupun orang sukses di dunia ini yang lepas dari sentuhan guru. Guru rela menjadikan muridnya menjadi orang sukses, bahkan ikhlas menjadikannya lebih sukses daripada anaknya sendiri.” (Muhadjir Effendy) 

- Semoga Bermanfaat -
Share This Article :
M. Khoirul Anam

Hanya seorang gelandangan yang sedang mencari tujuan hidup

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 5 komentar:

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun

Emoticon

  1. tanpa guru kita bukanlah apa-apa

    BalasHapus
  2. dan andaikan mbak melody menjadi guruku akupun akan bahagaia

    BalasHapus
  3. Guru adalah manusia terbaik, saya heran dengan bocah jaman now yang tidak pernah menampakkan rasa hormatnya kepada guru.

    BalasHapus
2882994598725087150