Monday, August 6, 2018

Cara Mengecek Status Akreditasi Perguruan Tinggi

Akreditasi merupakan suatu pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi. Secara singkatnya, akreditasi adalah nilai kampus atau sekolah. Pertanyaan yang ada di kepala anda mungkin, lalu siapa badan akreditasi di Indonesia yang resmi? Badan yang melakukan akreditasi kepada sekolah-sekolah dan kampus yang ada di Indonesia adalah BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Jadi akreditasi yang resmi adalah yang dikeluarkan oleh BAN-PT. Nah, status akreditasi ini biasanya berlaku 5 tahun sekali, jadi setelah itu akan diperbaharui lagi oleh perguruan tinggi atau sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.

Berikut ini adalah standar penilaian akreditasi. Nilai A berada di range antara 361-400, menunjukkan bahwa lembaga pendidikan tersebut memiliki kualitas sangat baik. Sedangkan nilai B berada di range sekitar 301-360, dengan kualitas baik.. Ada juga nilai C, yang berada di range antara 201-300, dengan kualitas cukup. Terakhir nilai NA, apabila nilai yang diperoleh kurang dari 201.

(Contoh Sertifikat Akreditasi B Teknik Elektro UMK)

Dari standar penilaian akreditasi tersebut, perguruan tinggi yang berhak mengeluarkan ijazah apabila memperoleh nilai A/B/C. Sedangkan perguruan tinggi yang memiliki nilai NA tidak memiliki kewenangan mengeluarkan ijazah. Tidak dapat dipungkiri, bahwa akreditasi memang sangat penting dalam mencari pekerjaan. Bahkan, ada beberapa Instansi yang mewajibkan para pekerjanya untuk memilih perguruan tinggi yang berakreditasi A.

Berikut ini link untuk mengecek status akreditasi pada perguruan tinggi maupun prodi https://banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi atau https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi

Sekian artikel dari saya, semoga dapat membantu kalian semua dalam mengecek status akreditasi pada perguruan tinggi maupun program studi. Terima kasih sudah berkunjung.

Hanya seorang gelandangan yang sedang mencari tujuan hidup

2 komentar

Wah boleh nih, biar tau pendidikan yang bagus. Thx banget link nya

Berkomentarlah dengan cerdas dan santun
EmoticonEmoticon